Konversi Tanggal ke Kalimat pada Excel (lanjutan)

  • 1
Dari tulisan sebelumnya, kita membuat formula untuk mengkonversi tanggal menjadi kalimat. Hari ini ada yang bertanya, "Bagaimana menggunakan formula dimaksud untuk membentuk kalimat seperti: 'Pada hari ini tanggal tiga bulan September tahun dua ribu lima belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini, dst...'??" Ternyata saya belum menjelaskan ini di tulisan sebelumnya. Awesome question! Ini jawabannya!


Asumsikan, sekarang anda memiliki sebuah dokumen Excel yang terdiri dari dua worksheet, yakni Sheet1 dan Sheet2. Isinya kira-kira seperti screenshot berikut ini.

Screenshot Sheet2


Sheet2 ini berisi contoh format dokumen akhir yang akan dicetak sebagai hasil akhir. Yang perlu ditandai pada sheet ini adalah cell A4 (berisi nomor surat yg masih kosong) dan cell A7 (berisi teks yang akan mengandung kalimat hasil konversi tanggal ke kalimat). Oh iya, bagi yg kurang ingat, bagian yang saya tandai dengan kotak merah selanjutnya kita sebut formula bar. Formula bar ini akan menampilkan isi rumus yang asli, sedangkan cell akan menampilkan hasil dari formula.

Screenshot Sheet1


Sheet1 ini berisi data yang akan diisikan ke dalam Sheet2. Yang perlu ditandai adalah bahwa (1) nomor surat tersimpan di cell B1, dan (2) tanggal surat tersimpan di cell B2. Nantinya, cell B2 akan dikonversi menjadi kalimat dan dimasukkan ke Sheet2, tepatnya di teks yang tersimpan di cell A7.


Oke, Mainkan!


Pertama, yakinkan bahwa Anda telah berhasil memasukkan baris kode dari tulisan sebelumnya. Bila sudah, pusatkan perhatian utama ke Sheet2 cell A7 yang teksnya akan kita ubah. Saya akan uraikan dan jelaskan transformasinya tahap-pertahap. Dari proses ini, kita sekalian belajar bagaimana menyambung teks pada Excel. Isi cell A7 saat ini adalah sebagai berikut:
Kami yang bertanda di bawah ini, menyatakan bahwa pada hari ini tanggal ...... bulan ...... tahun ......, telah dilaksanakan Serah Terima Barang yang daftarnya turut terlampir dengan Berita Acara Serah Terima Barang ini.
Cell A7 hanya berisi teks biasa (bukan formula!). Untuk proses ini, kita perlu mengubahnya menjadi formula, dengan catatan bahwa formula ini menghasilkan teks yang persis sama dengan sebelumnya. Maka, ganti isi cell A7 pada Sheet2 menjadi seperti ini:
="Kami yang bertanda di bawah ini, menyatakan bahwa pada hari ini tanggal ...... bulan ...... tahun ......, telah dilaksanakan Serah Terima Barang yang daftarnya turut terlampir dengan Berita Acara Serah Terima Barang ini."
Sorot cell A7 dan lihat bahwa formula bar nya sekarang berisi formula dan hasil yang ditampilkan di cell adalah teks yang persis sama dengan teks sebelumnya. Screenshot sekarang:


Prinsipnya, formula ini memasukkan teks yang ada dalam tanda kutip ke dalam cell. Bedanya, sebelumnya kita mengetikkan teks dimaksud secara manual ke cell. Tapi sekarang teks itu kita buat menjadi sebuah variable dan memasukkannya ke dalam cell melalui formula. Untuk memudahkan memahami prinsip ini, amati dan coba sendiri contoh-contoh formula berikut pada Excel:
=A1

="A1"

=5+6

="5+6"
[Baris 1] akan mengisi cell dengan apapun isi di cell A1. Tapi formula [baris 3] akan mengisi cell dengan teks "A1" (bukan dengan isi cell A1!). Lebih jelasnya, pada formula [baris 5], cell akan menampilkan hasil penjumlahan kedua angka tersebut, yakni 11. Namun formula [baris 6], bukan menghitung jumlahnya, tapi hanya menampilkan teks "5+6". Dalam hal [baris 6], teks dalam tanda kutip "5+6" dianggap oleh Excel sebagai teks, bukan sebagai angka yang akan dijumlahkan!

... ... ...

Kita lanjut lagi. Sekarang kita akan memasukkan kalimat tanggal yang dikonversi dari Sheet1 cell B2. Kalimat tanggal ini harus dimasukkan ke dalam teks yang sudah ada di formula cell A7. Untuk ini, mari kita pecahkan dahulu teks dimaksud menjadi 3 bagian, yakni:
[bagian 1]
Kami yang bertanda di bawah ini, menyatakan bahwa pada hari ini 

[bagian 2]
tanggal ...... bulan ...... tahun ......

[bagian 3]
, telah dilaksanakan Serah Terima Barang yang daftarnya turut terlampir dengan Berita Acara Serah Terima Barang ini.
[Bagian 1] adalah teks yang tidak berubah dari teks asli. [Bagian 2] adalah teks yang seluruhnya harus diganti dengan kalimat tanggal hasil konversi. [Bagian 3] adalah juga teks yang tidak berubah dari teks asli. Lihat bahwa [bagian 3] mengikutkan tanda baca koma sebagai sambungan langsung dari [bagian 2]. Kita sudah punya 3 teks sekarang, yang mana harus kembali kita masukkan ke dalam formula dengan menggabungnya (concatenation). Caranya, pertama satukan setiap bagian teks ke dalam tanda kutip, sehingga dikenali sebagai satu variable (ada 3 variable semua). Lalu sambungkan setiap variable menjadi kalimat lengkap dengan karakter '&'. Karakter ini adalah operator untuk menyambung teks pada Excel. Hasil akhirnya kira-kira menjadi seperti ini:
="Kami yang bertanda di bawah ini, menyatakan bahwa pada hari ini "
&
"tanggal ...... bulan ...... tahun ......"
&
", telah dilaksanakan Serah Terima Barang yang daftarnya turut terlampir dengan Berita Acara Serah Terima Barang ini."
Lihat hasil formulanya di cell. Bila semuanya lancar, maka seharusnya cell A7 masih tetap menampilkan teks yang sama seperti sebelumnya, walau formula yang tampil pada formula bar telah berubah.

... ... ...

Tahap terakhir, kita tinggal mengganti variable ke-2 menjadi formula untuk konversi tanggal ke kalimat (yang kodenya sudah kita buatkan sebelumnya).
="Kami yang bertanda di bawah ini, menyatakan bahwa pada hari ini "
&
TanggalKeKalimat(Sheet1!B2)
&
", telah dilaksanakan Serah Terima Barang yang daftarnya turut terlampir dengan Berita Acara Serah Terima Barang ini."
Hasil screenshot-nya jadi seperti berikut:


Sampai disini, Anda tinggal menyesuaikan formula dengan mengganti referensi "Sheet1!B2" untuk menunjuk cell yang berisi tanggal yang akan dikonversi pada dokumen Excel Anda.

Oh iya, untuk menutup dan melengkapi, dengan menggunakan konsep diatas, maka seharusnya kita sudah dapat menuliskan formula untuk mengisi nomor surat pada cell A4, yakni sebagai berikut:
="Nomor : " & Sheet1!B1


Selamat ber-Excel..!! :)

1 komentar :

  1. thanks buanget, sangat membantu sekali. izin copas Bro buat arsip. tapi bagaimana cara membuat agar kata hari, bulan dan tahunnya saja bercetak tebal/bold.

    BalasHapus